Cara Membuat USB Bootable untuk Instal Ulang Laptop Versi- Versi Baru - Dunia Informasi Keren

pasang iklan di sini

Dunia Informasi Keren

Thursday, June 7, 2018

Cara Membuat USB Bootable untuk Instal Ulang Laptop Versi- Versi Baru



Hai semua para pengunjung blog ini, dari sela- sela kesibukan saya. Akhirnya saya bisa meluangkan sedikit waktu saya untuk membuat artikel ini yang berjudul “Cara Membuat USB Bootable untuk Instal Ulang Laptop Versi- Versi Baru”. Dimana sebelumnya saya mendapat job untuk instal ulang Laptop merk ASUS VivoBook, dimanalaptop ini merupakan salah satu versi laptop baru yang menggunakan format hardisk GPT. Selain itu laptop ini juga memiliki tampilan versi bios yang berbeda dari laptop lain, dimana saya juga sebelumnya agak kebingungan untuk menginstal ulangnya, karena flashdisk saya tidak terdeteksi oleh bios, namun akhirnya saya bisa mempelajarinya dengan cepat. Baiklah langsung saja kita ke topik pembicaraan.

      1.       Pertama anda harus menyiapkan usb bootablenya yang dibuat dengan program bernama rufus.
      2.       Setelah itu siapkan flashdisk berukuran min 8Gb dan Windows 10 versi ISOnya, ohya ada sedikit catatan disini dimana pada laptop- laptop keluaran terbaru semuanya harus menggunakan windows 10 dan tidak bisa menggunakan windows lain. Lebih bagus lagi jika versi windowsnya yang terbaru.
      3.       Selanjutnya tancapkan flashdisk pada laptop dan jalankan program rufus.
      4.       Jika program sudah berjalan maka akan muncul tampilan seperti berikut.

      5.       Tahap selanjutnya adalah memilih file windows 10 yang telah anda siapkan tadi dengan menekan ikon yang saya lingkari pada gambar dibawah.

       6.       Setelah itu cari tempat dimana anda menyimpan file windowsnya dan klik, maka file windows secara otomatis akan masuk pada software rufus.

       7.       Karena laptop versi- versi terbaru menggunakan format hardisk  GPT , maka anda harus mengubah skema partisinya menjadi skema partisi GPT untuk UEFI sedangkan system berkasnya menjadi FAT32(standar). Jika anda tidak mengubah format yang saya katakana tadi maka flashdisk anda nantinya tidak akan terdeteksi oleh laptop.
       8.       Selanjutnya anda perhatikan dengan baik- baik apakah format di program yang anda jalanka sudah sesuai dengan yang saya sarankan diatas, coba lihat dan periksa dengan teliti. Karena jika terjadi kesalahan maka flashdisk anda tidak akan terdeteksi nanti.
       9.       Setelah dirasa sudah sesuai anda bisa menekan menu mulai pada program untuk memerintahkan aplikasi membuat bootable windows. Dan jika keluar notifikasi untuk menformat data di flahsdisk anda tekan saja ok

       10.   Disini anda harus sabar menunggu karena prosesnya berlangsung cukup lama sekitar 45 menitan, untuk itu anda bisa menggunakan waktu tunggu anda untuk makan atau membaca artikel- artikel di Dunia Informasi Keren. 
       11.   Jika sudah selesai program akan berhenti dan warna hijau akan hilang. Silahkan tutup aplikasi dan eject flashdisk anda agar lebih aman.

       12.   Sekarang anda bisa menggunakan flashdisk anda untuk menginstal ulang seluruh laptop dengan versi- versi baru.

      NB: untuk mengoptimalkan kerja usb bootable ada baiknya anda memperbaruinya 3 bulan sekali dengan versi windows terupdate.
Sekian yang bisa saya bagikan kepada anda semoga artikel yang saya buat ini bisa berguna bagi seluruh orang sekian dan sampai jumpa.

                         "TERIMAKASI TELAH BERKUNJUNG"

2 comments:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis


    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

KLIK