Tutorial Memasang T-Con ke Panel atau Layar LCD dan LED - Dunia Informasi Keren

pasang iklan di sini

Dunia Informasi Keren

Sunday, March 1, 2020

Tutorial Memasang T-Con ke Panel atau Layar LCD dan LED

Tutorial Memasang T-Con ke Panel atau
                Layar LCD dan LED

Hai teman-teman kembali lagi berjumpa dengan saya di dunia informasi keren, kali ini kita akan membahas tentang cara memasang T-con ke panel tv berikut langkahnya:

  1. Yang pertama siapkan tv dengan kerusakan di bagian tconnya atau biasanya ditandai dengan IC panas, layout terbakar, serta karena susah mencari part pengganti.
  2. Selanjutnya siapkan t-con baru (pengganti) atau t-con yang masih berfungsi dengan normal.


  3. Kemudian siapkan alat- alat yang diperlukan seperti solder biasa (ujung runcing), solder uap(blower), timah, cutter, pinset, pasta (flux), tisu, kaca pembesar, doubel tape, kaca tebal(sisi rata) dan tiner( atau cairan pembersih)
  4. Selanjutnya buka tv yang hendak di resparasi dan buka panelnya letakkan di atas meja (pasfikan meja sudah dalam keadaan bersih agar panel tidak retak/pecah)
  5. Untuk membuka fleksibel cof ke t-con beri sedikit flux di bagian fleksibel dan panaskan dengan blower dengan komposisi air=3 dan Heater = 5, gunakan pinset untuk menarik fleksibel cof secara perlahan.
  6. Setelah fleksibel cof terlepas dari PCB t-con, bersihkan sisa lem yang masih merekat di fleksibel t-con dengan tiner sampai bersih.
  7. Kemudian beri sedikit flux kembali dan lapisi bagian jalur dengan timah( gunakan solder runcing dengan temperatur suhu 200°c-250°c) lakukan dengan perlahan dan teliti (gunakan kaca pembesar) agar tidak ada jalur yang short dan fleksibel tidak rusak atau robek.
  8. Lanjut ke PCB t-con pengganti lakukan hal yang sama seperti di atas mulai dari membersihkan sisa lem serta melapisi dengan timah.
  9. Setelah keduanya terlapisi dengan timah, sekarang di lanjutkan dengan mensolder kedua sisi menjadi satu, untuk bagian ini kita memerlukan kaca tebal persegi dan rata di semua sisinya. Kaca ini di gunakan untuk menekan fleksibel ke PCB t-con agar kedua sisi terhubung dengan rapat.
  10. Sebelum kedua sisi di solder beri sedikit doubel tape di bagian atas fleksibel (pastikan tidak terkena dengan jalur solder), kemudian rekatkan kedua sisi dengan doubel tape dan pastikan setiap jalur berada pada posisi yang tepat.
  11. Selanjutnya tekan bagian atas dari fleksibel dengan kaca dan sisakan sedikit space di bagian ujung ( kaca penekan di bagian belakang dari sisa jalur, kemudian panaskan dengan blower di air =4 dan Heater =5 untuk posisi pemegangan blower usahakan sedikit miring/ seperti memegang pulpen ( jangan sejajar dengan fleksibel).
  12. Panaskan dengan rata dan tekan terus dengan kaca, setelah dirasa semua telah merekat dengan sempurna angkat kaca, dan cek dengan kaca pembesar apakah ada jalur yang short atau tidak.
  13. Jika semua jalur telah sesuai dan tidak short selanjutnya anda bisa menyempurnakannya dengan solder runcing di bagian pinggir.
  14. NB: jika masih ada beberapa jalur yang masih short anda bisa mengakalinya dengan memotong bagian short secara vertikal agar anda tidak repot- repot melepas dan memasang nya kembali.
  15. Setelah selesai anda dapat membersihkan sisa flux dengan tiner dan keringkan dengan tisu sampai bersih dan kering.
  16. Selanjutnya anda dapat mencoba menghidupkan panel dengan mainboard nya dan mengetahui apakah pemasangan berhasil atau tidak.
  17. Jika masih ada kecacatan atau garis" anda bisa mengecek pemasangan fleksibel tadi apakah masih ada yang belum sempurna
  18. Sekian tutorial yang bisa saya bagikan berikut adalah hasil dari penggantian t-con yang saya lakukan.

No comments:

Post a Comment

KLIK