Cara Melayout PCB dengan Menggunakan Software Eagle - Dunia Informasi Keren

pasang iklan di sini

Dunia Informasi Keren

Monday, July 31, 2017

Cara Melayout PCB dengan Menggunakan Software Eagle

Cara Melayout PCB dengan Menggunakan Software Eagle
Hai…. Teman- teman ketemu lagi dengan saya di Dunia Informasi Keren, kali ini saya akan membagikan suatu tutorial yaitu Cara Layout PCB dengan Menggunakan Software Eagle. Tentunya anda sudah tau kan apa yang dimaksud dengan PCB (Printed Circuit Board) jika belum anda bisa membacanya disini.

Nah di tutorial kali ini saya akan mengajak teman- teman sekalian untuk melayout (membuat) PCB dengan software Eagle. Sebagai contoh sederhana bagi pemula saya akan memulainya dengan menggunakan skema Penyearah dan filter Power Supply atau catu daya.

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membaca tutorial berikut.

  •  Pertama, anda harus memiliki kemauan untuk membaca artikel ini sampai habis.
  • Kedua, anda harus memperhatikan langkah demi langkahnya dengan baik dan jangan di skip(loncati).
  •  Ketiga, anda harus optimis bahwa anda pasti bisa melakukan tutorial yang saya bagikan ini dengan baik.
  • Keempat, jika anda mengalami kegagalan ketika mempraktekkan tutorial ini, jangan pernah anda berhenti mencobanya lagi. Karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
  •  Kelima jika anda merasa bingung ketika membaca artikel ini jangan malu- malu untuk bertanya di kolom komentar. Karena malu bertanya sesat di pelajaran.
  • Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah anda harus segera mempraktekan tutorial yang saya bagikan ini setelah membacanya.

·      Baiklah mari kita langsung ke tutorialnya langsung. Selamat Membaca.
Langkah- langkah Layout PCB dengan Eagle:

  1. Anda terlebih dahulu harus menentukan skema rangkaian yang akan anda layout di PCB. Disini saya menggunakan skema rangkaian penyearah dan filter dari catu daya. Lihat skemanya di bawah.

  2. Kedua anda harus menghidupkan PC, laptop, Notebook, atau perangkat lainnya yang akan anda gunakan untuk melayout PCB.
  3. Selanjutnya buka software Eagle yang ada pada perangkat anda hingga tampilannya seperti berikut. Jika belum punya silahkan download di sini.
  4.  Kemudian anda harus melakukan klik menu File   -   New   -   Project. Lihat gambar di bawah.
  5. Kemudian ganti nama project dari New Project Menjadi Power Supply. Caranya klik kanan pada NewProject kemudian pilih Rename dan ketikkan nama project. Bisa juga tidak dirubah, namun ini akan menyulitkan anda ketika ingin mencari dan membukanya lagi. Lihat gambar di bawah.
  6. Setelah nama di rubah pilih file tersebut hingga lingkaran berwarna hijau ada di sebelah nama file lihat gambar di atas. Kemudian klik kanan- klik New- klik schematic dan tampil gambar seperti di bawah ini.
  7. Kemudian cari dan kumpulkan dulu semua komponen yang dibutuhkan untuk membuat skema. Caranya dengan menggunakan toll Add lihat pada gambar di atas. Catatan “ untuk mencari komponen gunakan bahasa inggrisnya seperti contoh Dioda =Diode, Kapasitor = Capacitor, dll).
  8. Setelah semua komponen terkumpul lanjutkan dengan mengubah nama komponen- komponen tadi. Caranya dengan menggunakan toll Value, kemudian pilih komponen yang akan diubah namanya seperti diode di bawah yang saya ganti namanya menjadi 1N4002 lihat gambar di bawah.
  9. Setelah semua nama komponen di ubah, selanjutnya adalah menyusunnya sesuai skema, pindahkan komponen dengan tool Move, caranya klik move lalu klik komponen yang akan di pindahkan. Gunakan juga tool Rotate untuk membolak balikkan komponen baik ke bawah, ke atas, ke kiri, dan ke kanan, caranya klik rotate kemudian klik komponen yang akan di rotasi. Sehingga tampilan komponen sesuai dengan skema. Lihat gambar di bawah.
  10.  Selanjutnya adalah menyambungkan kaki- kaki komponen yang satu dengan yang lain menggunakan  tool Wire, caranya klik wire kemudian klik kaki komponen yang akan di hubungkan kemudian geser ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah, dll, kemudian hubungkan dengan kaki komponen sesuai dengan skema lihat gambar di bawah.
  11. Setelah semua kaki- kaki terhubung sesuaikan dengan sekema sekarang.
  12. Klik pada halaman 2 dan 3 di bawah untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. 
Klik Next Halaman 2, Halaman 3

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis


    ReplyDelete

KLIK